Cara Mengganti Template Blogger

 
Oleh
Cara mengganti kode dan template blogger – Tampilan blog memang memiliki nilai tersendiri. Sebelum pengunjung membaca tulisan atau melihat lebih jauh isi blog biasanya langsung melihat dan menilai tampilan blog terlebih dahulu. Tampilan blog sangat bergantung pada template blog yang digunakan. Template tersebut berisi kode-kode “pemrograman” yang berbasis pada HTML. Tetapi jangan pesimis terlebih dahulu, karena meskipun anda tidak memiliki pengetahuan apapun tentang HTML anda masih tetap bisa mengganti template blogspot yang anda gunakan di blogger. Secara sederhana, anda hanya cukup klik ini dan itu untuk mengganti template blog. Untuk lebih jelasnya berikut ini akan dibahas satu persatu cara mengganti template blog di blogspot milik anda tersebut.


CARA MENGGANTI TEMPLATE BLOG BAGI PEMULA

Cara untuk mengganti template ini sangat mudah dan biasanya digunakan oleh para pemula yang baru mulai atau mengenal blogging di blogger. Meskipun terkesan bagi pemula tetapi cara ini ampuh untuk digunakan.
  1. Pertama – tama masuk / login ke akun blogger anda
  2. Pada daftar blog milik anda, pilih blog yang akan di ganti template nya. Misalkan Blog saya yang baru. Klik tombol drop down pada area menu blog tersebut lalu pilih Template
  3. Selanjutnya pada panel sebelah kanan scroll ke bawah, anda akan melihat beberapa kategori template blog, seperti template simple, Dynamic Views, Picture Window, Awesome Inc., Watermark, Ethereal, Travel, atau kembali ke template blogspot klasik pada Revert to classic templates. Hanya saja, bila anda menggunakan template klasik berarti anda tidak bisa memanfaatkan kelebihan penggunaan Template Designer yang disediakan blogger.
  4. Pilih salah satu template menarik menurut anda, Klik template tersebut untuk Preview, atau bila ingin langsung dipasang caranya arahkan kursor mouse pada template tersebut, misalkan salah satu pada template simple, lalu klik link Apply to Blog.
  5. Pada tampilan Preview template, anda akan melihat bagaimana display blog anda nantinya.. Coba template lain dengan klik tombol < atau > yang ada disebelahnya. Bila telah sesuai klik saja Apply to blog untuk menggunakan template tersebut.


CARA MENGGANTI KODE HTML TEMPLATE BLOGGER

Penggunaan template yang unik dan cantik merupakan kelebihan tersendiri. Memanfaatkan desain dan penataan warna, kolom, gambar, dan keunggulan lainnya. Cara ini biasanya digunakan oleh mereka yang suka mengganti template blog dengan template baru yang tidak tersedia di daftar template yang telah disediakan blogger. Template tersebut biasanya disediakan oleh situs penyedia template blog dalam bentuk kode XML atau XHTML. Template tersebut ada yang berbayar maupun gratisan yang juga tidak kalah elegan dengan yang berbayar. Berikut ini cara mudah mengganti template blogger dengan template dari situs lain:
  1. Pertama-tama buka akun blogger pada web browser dan buka tab Template. Lalu pada panel kanan klik Edit HTML
  2. Bila belum punya kode template cadangan, maka sebaiknya back up terlebih dahulu kode template blog anda yang asli. Cara Backup template Blog yang aktif sebagai berikut :

    • Pilih semua teks dengan menekan tombol CTRL+A lalu copy dengan CTRL+C.
    • selanjutnya buka aplikasi teks editor seperti Notepad, Wordpad atau bisa juga microsoft word lalu paste teks kode template blog yang telah disalin sebelumnya dengan menggunakan CTRL+V
    • Simpan kode tersebut dengan menekan tombol CTRL+S dan berikan nama yang mudah di ingat, misalkan “Kode Template Blog Saya yang Baru



  3. Kembali ke penggantian template blog. Buka situs penyedia template blog anda pada tab/jendela baru. Pilih dan download kode template blog. Bila dalam format terkompres (.zip, .rar, atau yang lainnya) buka dahulu. Lalu hasil download kode template blog tersebut kemudian dibuka dengan menggunakan text editor seperti Notepad atau Wordpad. Caranya buka melalui Windows Explorer lalu klik kanan file kode template lalu pilih Open withlalu klik Wordpad.




  4. Salin / copy kode template tersebut ke clipboard. Pilih semua teks dengan cara tekan tombol CTRL+A (select all) lalu tekan CTRL+C.





  5. Buka kembali jendela browser anda sedang dalam mode pengeditan template. Ganti semua teks dengan kode template yang sudah anda copy tadi. Berturut-turut tekan CTRL+A lalu DELETE (optional) lalu CTRL+V.


  6. Selanjutnya simpan dengan klik tombol Save Template. Kini template blog anda sudah diganti dengan yang baru.


 

Tips Mengganti Template Blog

  • Mengganti template blog bisa dilakukan oleh anda tanpa harus mengerti atau memiliki pengetahuan kode HTML. Meskipun demikian, jangan merubah kode template blog sembarangan tanpa membuat / memiliki backup terlebih dahulu. Jadi bila perubahan yang anda lakukan gagal, anda masih bisa kembali menggunakan kode template yang telah dibackup sebelumnya.
  • Mengganti template dengan template gratis/free yang disediakan oleh berbagai situs bisa memberikan tampilan yang lebih atraktif, menarik ataupun powerful yang lebih SEO friendly. Meskipun demikian, banyak dari template tersebut yang justru tidak kompatibel dengan blogger. Pada banyak kasus, sering dijumpai fasilitas design template blogger tidak mendukung template baru tersebut.

Terima kasih telah membaca Cara Mengganti Template Blogger. Semoga bermanfaat.

Pengunjung aimyaya dot com, terima kasih atas kunjungan anda pada website kami.
Bila anda suka berikan klik "like" pada facebook fan page kami
 

 
dan/atau bila anda merasa artikel ini bermanfaat maka bantu promosikan dengan klik Google di bawah ini :
 

 
TIDAK DIPERKENANKAN MEMPERBANYAK baik secara OFFLINE(print out, cetakan, dsb) maupun ONLINE (blog, artikel, dsb) tanpa seizin aimyaya dot com.
 
Informasi lebih lanjut baca halaman Disclaimer serta Kebijakan dan Privasi yang kami buat.